• Kalender

    Desember 2016
    S S R K J S M
    « Jul    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Kategori

  • Komentar Terbaru

  • Blog Stats

    • 7,676 hits
  • Pengunjung Online

  • Suporter

    www.freedomain.co.nr

Buku Tamu

Mohon untuk komentar, saran atau kritik menggunakan kata seperlunya, tidak terlalu panjang

2 Tanggapan

  1. assalamu alaikum ana ingin tau banyak tentang aswaja assunnah jamaah.syukran

    • Waalaikumussalam warahmatullah.

      Bismillahirrahmanirrahim

      Istilah ahlussunnah wal jamaah merujuk kepada sebuah hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang menjelaskan perpecahan umat ini menjadi 73 golongan, yang hanya satu golongan yang selamat, yaitu al jamaah.
      Persoalan pokok yang mendasari perpecahan ini adalah perbedaan-perbedaan dalam masalah aqidah (keyakinan) antara satu kelompok islam dengan kelompok yang lainnya. Kelompok-kelompok ini sudah mulai bermunculan ketika masa para sahabat masih hidup, namun para ulama senantiasa membantah setiap pemikiran baru yang muncul dengan hadits-hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan penukilan-penukilan dari para ulama salaf sebelumnya.

      Ketika muncul suatu kelompok yang dikenal kemudian dengan nama mu’tazilah, para ulama senantiasa membantah pemikiran-pemikiran mereka yang melenceng, karena dalam pijakan mereka dalam menetapkan aqidah, mereka menggunakan logika yang sering kali dipertentangkan dengan ayat-ayat al quran atau hadits nabi yang kemudian mereka tolak karena merasa bertentangan dengan akal.

      Kelompok mu’tazilah ini sempat mendapat tempat di kaum muslimin kala itu karena mereka dekat dengan para penguasa. Menghadapi kelompok mu’tazilah ini diantara para ulama ada yang melawan syubhat-syubhat mereka dengan cara mereka pula yaitu dengan logika, yang kemudian dikenal dengan ilmu kalam. Diantara yang terkenal dengan ilmu kalam adalah Abul Hasan al Asy’ari.

      Namun dari cara ini nampak muncul perbedaan dengan aqidah yang sudah diajarkan dan dinukilkan dari para ulama salaf sebelum mereka sehingga banyak para ulama yang tidak setuju dengan cara ini, bahkan melarang menggunakan cara ini. Bersama berlalunya waktu semakin banyak lah ulama yang mendukung masing-masing pendapat baik yang menganjurkan menggunakan logika dalam melawan mu’tazilah maupun yang bersikukuh untuk mempertahankan apa yang dinukilkan dari para ulama salaf. Disinilah dikenal dengan istilah Thariqah Salaf dan Thariqah Khalaf.

      Kedua kelompok inilah yang sering didengar penggunaan istilah ahlussunnah wal jamaah, setiap kelompok menyeru kepada aqidah yang diyakini sehingga muncullah banyak kitab-kitab yang menjelaskan aqidah ahlussunnah wal jamaah.

      Perbedaan antara kedua thariqah ini sampai pada perbedaan mendasar dalam masalah aqidah sehingga perbedaan yang terjadi pada mereka tidak bisa lagi digolongkan dalam perbedaan yang bisa ditolerir. Karena itu untuk mencapai kebenaran cukuplah bagi kita untuk mengikuti apa yang telah menjadi kesepakatan para ulama salaf.

      Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: